Pemerintah Bangun 8 Bendungan, Segini Jumlah Biayanya

Pemerintah Bangun 8 Bendungan, Segini Jumlah Biayanya
ilustrasi bendungan / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR berencana membangun delapan bendungan baru. Hal itu merupakan bagian dari rencana pembangunan 49 bendungan dalam empat tahun hingga 2019 mendatang.

“Sampai Desember nanti, ada tiga bendungan yang akan kami lelang dengan total anggaran sekitar Rp 2,75 triliun,” kata Ditjem SDA Kementerian PUPR Mudjiadi di Jakarta kemarin (4/10).

Pemerintah juga akan melelang lima bendungan lainnya. Total biaya yang diperlukan untuk membangun delapan bendungan tersebut mencapai Rp 8,76 triliun.

Total, delapan bendungan itu bisa menampung 409 juta kubik air. Selain itu juga bisa menyediakan air bagi 45 ribu hektare lahan irigasi, mereduksi banjir hingga 2.000 meter kubik, menyediakan air baku 9,72 meter kubik per detik, dan menjadi pembangkit tenaga listrik sebesar 21,8 megawatt.

Untuk percepatan pengembangan infrastruktur di sektor sumber daya air, Kementerian PUPR akan melaksanakan lelang dini untuk 2.103 paket pekerjaan senilai Rp 10,84 triliun hingga Desember 2015. (mna/jos/jpnn)

 


JAKARTA - Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR berencana membangun delapan bendungan baru. Hal itu merupakan bagian dari rencana pembangunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News