Pentingnya Mengelola Kemampuan Kontrol Diri

Pentingnya Mengelola Kemampuan Kontrol Diri
Depresi. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

Kontrol diri merupakan aspek yang penting dalam kesehatan mental. Kemampuan mengendalikan diri sendiri merupakan indikasi utama sehat tidaknya kehidupan psikologi seseorang. Orang yang sehat secara kejiwaan akan memiliki tingkat kemampuan kontrol diri yang baik, sehingga terhindar dari berbagai gangguan jiwa ringan apalagi yang berat.

Apakah Anda termasuk orang yang mampu mendisiplinkan diri sendiri? Jika ya, Anda patut mensyukurinya karena memiliki kontrol diri yang baik berkaitan erat dengan keberhasilan didalam hidup dilihat dari berbagai aspek, mulai dari disukai orang lain, pencapaian pendidikan yang lebih tinggi, hingga peluang mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi.

Dan tentu saja kontrol diri akan mendorong kondisi mental dan kesehatan fisik yang lebih baik.

Bahkan menurut Profesor psikolog dan pakar kontrol diri, Dr Roy Baumeister, sejumlah penelitian menunjukan kontrol diri yang kuat juga membantu seseorang hidup lebih lama.

Hal itu terjadi karena kontrol diri sangat berperan dalam mendisiplinkan diri untuk tetap konsisten melakukan perilaku atau pilihan hidup yang sehat.

"Makan dengan benar, berolahraga, berhenti merokok, tidak minum alkohol..semua hal itu sangat bergantung pada pengendalian diri dan hal itu berkontribusi pada kesehatan seseorang baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek," kata Dr Baumeister.

Semua itu terdengar mudah, kecuali Anda tergolong orang yang mudah sekali berubah pikiran atau dipengaruhi, seperti resolusi Anda untuk menurunkan berat badan langsung luluh begitu anda melihat hidangan pencuci mulut.

Lalu jika demikian apakah Anda memang tergolong orang yang tidak memiliki kontrol diri yang kuat dan selamanya hidup Anda akan kurang optimal?

Kontrol diri merupakan aspek yang penting dalam kesehatan mental. Kemampuan mengendalikan diri sendiri merupakan indikasi utama sehat tidaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News