Tentara Bisa Meneteskan Air Mata, Ini Alasannya

Tentara Bisa Meneteskan Air Mata, Ini Alasannya
Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi pasukan saat upacara Peringatan HUT ke-70 TNI di Dermaga Indah Kiat, Merak, Cilegon, Banten, Senin (5/10). Peringatan HUT ke-70 TNI mengangkat tena "bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tentara adalah nama sebuah pekerjaan. Sama halnya dengan petani, nelayan, sopir dan profesi lainnya. Hal yang membuat pekerjaan tentara berbeda dengan yang lainnya, menurut Asisten Personalia Kopassus, Kolonel (Inf) Tri Budi Utomo adalah tentara tidak hanya mementingkan diri sendiri dan keluarganya saja.

“Di saat hari-hari besar, di saat anak, istri, orang tuanya sakit yang sangat membutuhkan kehadirannya, mereka rela dan ihklas berjuang jiwa dan raga demi kehormatan negara, tetap menjaga perbatasan, pulau-pulau terluar, pulau-pulau terpencil dan tak penghuni, menjadi mata dan telinga negara ini,” kata Kolonel (Inf) Tri Budi Utomo, dalam pesan singkatnya, Senin (5/10).

Apa pun situasi dan kondisi, menurut dia, tentara masih bisa tersenyum, senantiasa melayani, menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

“Tentara juga manusia yang bisa meneteskan air mata jika dia sedih dan rindu dengan keluarganya. Hujan, panas, debu menjadi teman dalam hari-harinya dan terkadang masyarakat memvonis tentara itu buruk, sadis, jahat. Padahal itu semua sifat manusianya, bukan institusinya,” tegas dia.

Dia menegaskan, apabila tidak ada tentara, maka tidak ada yang menjaga NKRI ini. Dengan meraup penghasilan bulanan yang hanya pas-passan, tentara tetap bahagia dan selalu berusaha bekerja dengan profesional dan semaksimal mungkin.

Terakhir, dia juga mengingatkan seluruh prajurit agar menjadi garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI.

“Doa ku untukmu Tentara ku, semoga masyarakat mengerti akan tugas mulia mu. Jayalah TNI. Bersama rakyat TNI kuat. Dirgahayu Pahlawan Ku...Dirgahayu TNI Ku,” pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA - Tentara adalah nama sebuah pekerjaan. Sama halnya dengan petani, nelayan, sopir dan profesi lainnya. Hal yang membuat pekerjaan tentara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News