Ini Pesan Khusus Senator Asal Papua di Hari Jadi TNI

Ini Pesan Khusus Senator Asal Papua di Hari Jadi TNI
Senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Provinsi Papua Barat, Mervin Sadipun Komber. FOTO: DOK.PRI

jpnn.com - JAKARTA – Senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Provinsi Papua Barat, Mervin Sadipun Komber menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) atas pengabdiannya selama 70 Tahun untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mervin menilai TNI telah berbuat banyak bagi pembangunan di Indonesia terutama berkaitan dengan aspek pertahanan dan keamanan. Bahkan, menurut Mervin, reformasi di tubuh TNI telah berjalan dengan baik dan aman.

“Karena itu, pada Hari Jadi TNI ke-70 ini, saya berharap kepada prajurit TNI yang bertugas di Tanah Papua agar tetap menjaga hubungan yang harmonis dengan warga masyarakat Papua dengan mengedepankan aspek pendekatan kebudayaan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Mervin, Senin (5/10) malam.

Disamping menjaga teritori Indonesia dengan melibatkan rakyat, Mervin berharap TNI juga wajib menghargai adat-istiadat daerah setempat. Untuk itu, Mervin berharap kepada Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo agar memberikan pemahaman kepada prajurit TNI tentang nilai dan adat-istiadat masyarakat Papua sebelum mengemban tugas di wilayah paling timur Indonesia itu.

“Berikan pemahaman yang paripurna tentang adat-istiadat daerah Papua. Ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman saat prajurit TNI berhadapan dengan masyarakat,” tegas Mervin yang juga mantan Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) ini.

Selain itu, Mervin juga berpesan kepada Panglima TNI agar memastikan prajurit TNI yang bertugas di Tanah Papua untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol atau minuman keras (Miras). Sebab, menurut Mervin, beberapa insiden seperti bentrokan terjadi akibat pengaruh konsumsi minuman beralkohol.

Meski begitu, Mervin meyakini pada momentum Peringatan HUT ke-70, TNI akan melakukan yang terbaik bagi kemajuaan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

“Saya salut dan bangga pada TNI atas pengabdiannya untuk memajukan NKRI. Dirgahayu TNI,” tandas Mervin.(fri/jpnn)


JAKARTA – Senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Provinsi Papua Barat, Mervin Sadipun Komber menyampaikan apresiasi dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News