PM Malaysia Minta Indonesia Tegas Menindak Pelaku Karlahut

PM Malaysia Minta Indonesia Tegas Menindak Pelaku Karlahut
Najib Razak. Foto: AFP

jpnn.com - PERDANA Menteri Malaysia Najib Razak meminta Indonesia berani mengambil tindakan terhadap orang maupun perusahaan yang bertanggung jawab atas kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Najib tampaknya kian resah dan gelisah, sebab dampak kabut asap di Indonesia sudah mengganggu negara tetangga seperti Malaysia, Singapura bahkan kabarnya juga Thailand.

"Jika hal ini dilakukan oleh orang-orang atau perusahaan pertanian, Indonesia perlu mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku," kata Najib di Twitter, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/10).

Sejumlah sekolah di Malaysia dan Singapura dikabarkan telah ditutup sementara, sejumlah event olahraga telah dibatalkan dan bidang pariwisata mulai menjerit. Otoritas kesehatan di seluruh wilayah memperingatkan orang-orang untuk menghindari latihan pada hari yang buruk.

Reuters juga kembali menyinggung sebuah laporan tentang pernyataan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla yang menangkis keluhan negara tetangga dengan mengatakan, seharusnya mereka (negara tetangga) bersyukur atas 11 bulan udara bersih yang tersedia selama ini dari hutan Indonesia.

Indonesia sendiri sampai saat ini masih menolak tawaran bantuan negara lain untuk mengatasi kebakaran lahan dan hutan. (adk/jpnn)


PERDANA Menteri Malaysia Najib Razak meminta Indonesia berani mengambil tindakan terhadap orang maupun perusahaan yang bertanggung jawab atas kebakaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News