Kerajinan Tergerus Krisis Global

Kerajinan Tergerus Krisis Global
Kerajinan Tergerus Krisis Global
JAKARTA-Krisis global yang terjadi dalam perekonomian dunia, ternyata juga memberikan dampak bagi tingkat penjualan produk kerajinan di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Direktur Industri Kerajinan Departemen Perindustrian RI (Depperin), Tri Reni Budiharti, di kantornya,  Selasa (10/2).

"Tingkat penjualan produk kerajinan sepanjang tahun 2008 lalu jika dilihat secara nasional mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan tahun 2007," papar dia yang enggan untuk menyebutkan nilai penurunan tersebut.

Penurunan tingkat penjualan, lanjut dia, dapat dilihat dari banyaknya distributor di beberapa negara khususnya di wilayah Amerika dan Eropa menolak untuk memasarkan produk Indonesia.

"Tentunya penolakan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, biaya pengiriman yang semakin mahal dan tidak sesuai dengan keuntungan yang didapat. Dengan kondisi demikian, kita tentunya sangat mengharapkan agar para pengusaha produk kerajinan untuk lebih jeli dan waspada. Apabila Amerika dan Eropa menolak, maka harus mencari negara tujuan ekspor lainnya. Mungkin bisa di beberapa negara Asia," jelasnya.

JAKARTA-Krisis global yang terjadi dalam perekonomian dunia, ternyata juga memberikan dampak bagi tingkat penjualan produk kerajinan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News