Asap Makin Pekat, Ini Fakta Mengejutkan yang Dilaporkan ke Menteri Siti Nurbaya

Asap Makin Pekat, Ini Fakta Mengejutkan yang Dilaporkan ke Menteri Siti Nurbaya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus berupaya mengatasi kabut asap dampak pembakaran lahan dan hutan di sejumlah kawasan.

Namun diakui, jumlah titik api terus bertambah, terakhir di wilayah Sumatera dari 40 titik menjadi sekitar 230 titik. Menurutnya, ini karena masih ada masyarakat yang membakar lahan.

"Tadi dilaporkan lagi di Sumatera orang-orang masih bawa jerigen masuk ke kebun itu masih ada. Perkiraannya itu bukan bawa air di dirijen tapi minyak untuk membakar," ujar Siti di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/10).

Karena itu, Siti memastikan akan meminta polda-polda setempat untuk melakukan investigasi terkait hal tersebut. Siti juga mengakui, dari sekian banyak kasus pembakaran lahan dan hutan, sebagian memang terdapat andil masyarakat sebagai pelakunya.

"Operator bisa melihat dari udara, sehingga saya dilaporkan soal itu," imbuhnya.

BACA: Ngeri! Ini Dampak Kabut Asap menurut Pakar Pencemaran Udara

BACA: Duh, Pak Wawako Gendong Bayi Terpapar Asap, Ini Fotonya

Siti meyakini, jerigen  yang dibawa warga berisi bahan bakar. Karena warga terlihat berada jauh dari kanal yang dibuat untuk pemadaman titik api. Jika jerigen itu untuk diisi air, seharusnya warga mendekat ke kanal. (flo/jpnn)

JAKARTA--Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih terus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News