Menkes: Masker N95 Lebih Cocok untuk Menghalangi...

Menkes: Masker N95 Lebih Cocok untuk Menghalangi...
Menteri Kesehatan Nila Moelek di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/10). FOTO: Natalia/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila Moelek mengatakan ada perbedaan antara masker biasa dan masker jenis N95 untuk menghadapi kondisi asap.

Menurutnya, pori-pori pada masker N95 sangat kecil sehingga justru sulit untuk pernapasan. Sedangkan, masker biasa lebih mudah mendapatkan asupan udara.

“Masker N95 itu pori-porinya kecil sekali, sedangkan polutannya tengah terjadi saat ini agak besar. Jadi kalau itu menempel (di masker), jadinya malah menutup pori-pori. Pernafasannya menjadi lebih sulit. Itu yang diterangkan tadi oleh dokter ahli paru,” ujar Nila di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/10).

Menurut Nila, sebenarnya masker yang biasa itu bisa, karena masker itu masih masuk udara. Tapi partikel yang besar-besar itu tertahan di masker.

Nila mengatakan, masker N95 lebih cocok digunakan untuk menghalangi beredarnya virus pada manusia karena pori-porinya lebih kecil. Ukuran pori-pori pada masker itu hanya 0,6 mm.

N95, ujarnya, berfungsi untuk menahan partikel. Meski begitu, kata dia, jenis masker itu tetap dibagikan kementeriannya pada warga di wilayah terdampak asap.

“Kalau mau pakai N95 silakan, tapi hati-hati,” imbuhnya.

Saat ini, ujarnya, kementerian sudah memberikan bantuan berupa obat, masker, oksigen yang diminta masyarakat sebanyak 27.595 ton.(flo/jpnn)

JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila Moelek mengatakan ada perbedaan antara masker biasa dan masker jenis N95 untuk menghadapi kondisi asap. Menurutnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News