Siswa SMK Bacalah Ini, 3 Pilar Tingatkan Daya Saing

Siswa SMK Bacalah Ini, 3 Pilar Tingatkan Daya Saing
ilustrasi jpnn

jpnn.com - JAKARTA- Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sumarna Abdurahman menegaskan, pentingnya sertifikasi profesi bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Sebab, hal itu merupakan kunci penting dalam meningkatkan daya saing menghadapi persaingan tenaga kerja yang semakin ketat. Apalagi, menjelang masyarakat ekonomi Asean (MEA) yang sebentar lagi berlaku.

"Ada tiga pilar untuk meningkatkan daya saing lulusan SMK yaitu: pendidikan, sertifikasi, dan penempatan kerja. Saat ini sedang disiapkan sebuah Majelis Kemitraan Pendidikan Kejuruan Indonesia untuk memperbaiki sistem pendidikan kejuruan, sertifikasi, dan rekrutmennya," kata Sumarna, Kamis (8/10).

Sumarna menambahkan, penyusunan basis data lulusan SMK beserta kompetensinya harus bisa diwujudkan. Pentingnya sertifikasi profesi lulusan SMK juga diakui Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Mustaghfirin Amin. Itu sebabnya Kemdikbud sangat serius meningkatkan kualitas pendidikan SMK agar daya saingnya lebih tinggi.

"Saat ini Kemendikbud sedang mengembangkan SMK Rujukan yang menaungi sejumlah SMK di sekitarnya. Fasilitas di SMK Rujukan tersebut akan terus ditingkatkan dan dapat juga dipergunakan bersama-sama oleh SMK-SMK yang dinaunginya. Di SMK Rujukan tersebut nantinya akan digunakan untuk uji kompetensi lulusan SMK," terang Mustaghfirin.‎ (esy/jpnn)

 


JAKARTA- Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sumarna Abdurahman menegaskan, pentingnya sertifikasi profesi bagi lulusan sekolah menengah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News