Kata Survei, 82 Persen Publik Lebih Percaya KPK daripada Presiden

Kata Survei, 82 Persen Publik Lebih Percaya KPK daripada Presiden
Jokowi-JK. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jelang satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berkuasa, lembaga Indo Barometer menggelar survei tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga negara.

Dari survei terhadap 1200 responden di 34 provinsi, diketahui lembaga KPK mendapat kepercayaan publik paling tinggi yaitu 82 persen.

"KPK selama ini memang mendapat kepercayaan paling tinggi di setiap survei. Yang tidak percaya hanya sebanyak 11,2 persen dan yang tidak menjawab sejumlah 6,8 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari di Jakarta Selatan, Kamis (8/10).

Setelah lembaga antikorupsi tersebut, yang paling tinggi mendapatkan kepercayaan adalah TNI. Yaitu sebesar 81 persen. Hanya 8,6 persen responden yang tidak percaya TNI dan 10,4 persen memilih tidak menjawab survei. 

Lembaga kepresidenan, justru berada di urutan ketiga dalam survei. Sebanyak 78,6 persen percaya pada Kepresidenan RI. Hanya 9,6 persen responden yang tidak percaya dan sisanya, 11,8 persen yang tidak menjawab.

Disusul, Mahkamah Agung dengan tingkat kepercayaan 58,7 persen. Lalu Polri sebanyak 56,6 persen. "Berikutnya, MPR dengan tingkat kepercayaan 55,2 persen dan Kejaksaan Agung 53,5 persen," imbuh Qodari.

Lembaga dengan rendahnya tingkat kepercayaan publik adalah DPD sebanyak 48,8 persen dan DPR sebesar 44,5 persen. (flo/jpnn)


JAKARTA - Jelang satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berkuasa, lembaga Indo Barometer menggelar survei tingkat kepercayaan publik terhadap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News