Ngeriii! Kanker Ganas Bisa Merusak Jaringan Jantung

Ngeriii! Kanker Ganas Bisa Merusak Jaringan Jantung
ilustrasi

jpnn.com - KANKER ganas ternyata bisa merusak jantung. Demikian sebuah studi baru dari Austria melaporkan. Para peneliti menemukan bahwa pasien kanker yang baru didiagnosis memiliki kadar tinggi hormon dan bahan kimia tubuh yang biasanya merupakan tanda-tanda penyakit jantung.

Temuan menunjukkan kanker bisa mengakibatkan kerusakan jaringan jantung, meskipun orang tersebut tidak memiliki penyakit jantung.

"Penelitian ini bisa menjadi perubahan paradigma dalam cara dokter melihat kanker dan penyakit jantung," kata chairwoman of the American College of Cardiology’s Cardio-Oncology Section, Dr. Ana Barac, seperti dilansir laman Health, Rabu (7/10).

"Ahli jantung dan dokter kanker biasanya hanya berfokus pada penyakit khusus yang mereka pilih," kata Barac.

Namun sedikit demi sedikit hal tersebut telah berubah dalam beberapa tahun terakhir karena lebih banyak yang telah dipelajari tentang efek beracun kemoterapi terhadap jantung.

Akibatnya dokter kanker akan memeriksa indikator kimia penyakit jantung sebelum melakukan kemoterapi pada pasien untuk memastikan pengobatan kanker tidak akan menyebabkan penyakit jantung fatal.(fny/jpnn)


KANKER ganas ternyata bisa merusak jantung. Demikian sebuah studi baru dari Austria melaporkan. Para peneliti menemukan bahwa pasien kanker yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News