Top.. Saingi Singapura, Terminal Ini Tambah Layanan Rute Internasional

Top.. Saingi Singapura, Terminal Ini Tambah Layanan Rute Internasional
Ilustrasi/ Istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, kembali berhasil menggiring kapal internasional untuk sandar langsung ke terminal semi-otomatis atau tanpa melalui Singapura, untuk rute Tiongkok-Indonesia-Korea.

Rute baru tersebut merupakan hasil kerjasama antara Terminal Teluk Lamong dengan tiga pelayaran besar milik Korea yaitu Heung-A, CK Line, dan Sinokor.

"Pelayaran perdana dilakukan dengan menggunakan kapal MV Lorentia rute Pusan-Kwangyang-Shanghai-Shekou-Jakarta-Surabaya-Saigon-Shanghai kemudian sandar di Terminal Teluk Lamong dengan muatan sekitar 650 boks peti kemas. Kapal ini bersandar pada Rabu (7/10) kemarin," ujar Direktur Operasional dan Teknik Terminal Teluk Lamong (TTL) Agung Kresno Sarwono.

Nantinya, perusahaan pelayaran asal Korea Heung-A, CK Line, dan Sinokor dijadwalkan melakukan pelayanan secara berkala setiap minggu di TTL.

Agung menjelaskan keberadaan TTL menjadi pemacu roda perekonomian dunia dengan masuknya kapal-kapal berkapasitas besar, sehingga bisa menekan biaya logistik nasional.

“Dengan konsep semi-otomatis yang dimiliki maka kecepatan dan ketepatan menjadi hal yang bisa dijanjikan oleh Terminal Teluk Lamong terutama untuk melayani kapal-kapal internasional," kata  Agung dalam siaran persnya, Jumat (9/10).

Peran Pelindo III melalui Terminal Teluk Lamong diharapkan bisa terus diperhitungkan di mata dunia dengan dibukanya rute baru Tiongkok-Indonesia-Korea dengan menekan biaya logistik dan meningkatkan perekonomian bangsa. (chi/jpnn)

JAKARTA - Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, kembali berhasil menggiring kapal internasional untuk sandar langsung ke terminal semi-otomatis atau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News