Pendaftar Calon Praja IPDN Membeludak, Baru Tiga Hari Jumlahnya Segini

Pendaftar Calon Praja IPDN Membeludak, Baru Tiga Hari Jumlahnya Segini
Tjahjo Kumolo/ dok. jpnn

jpnn.com - JAKARTA- Minat kaum muda dari seluruh Indonesia menimba ilmu di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), ternyata sangat tinggi. Terbukti, sejak pendaftaran secara online dibuka dari Senin (5/10) lalu, saat ini setidaknya sudah terdapat 9.505 pendaftar. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah, karena masa pendaftaran masih akan dibuka hingga Senin (12/10).

"Jumlah pendaftar calon praja  IPDN sampai dengan pukul 6.00 WIB, tanggal 8 Oktober 2015, telah mencapai sebesar 9.505 orang," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, Jumat (9/10).

Dari jumlah tersebut, pendaftar terbanyak kata Tjahjo berasal dari Provinsi Jawa Barat. Mencapai sekitar 1.264 orang. Sementara terendah dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Hanya terdapat terdapat 50 orang.

"Terbanyak dari Provinsi Jawa Barat, 1264 orang dan pendaftar terendah dari Provinsi Kaltara sebesar 50 orang," ujar Tjahjo. 

Sesuai jadwal yang ada, tim panitia langsung menyeleksi berkas sejak 6 Oktober hingga 13 Oktober. Kemudian pengumuman lulus seleksi administrasi online dilakukan 14 Oktober. 

Selanjutnya, pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi secara online akan mengikuti test kompetensi dasar pada 17-20 Oktober. Ujian dilaksanakan di masing-masing provinsi dan hasilnya langsung diumumkan pada 21 Oktober.

Tes kesehatan fisik dilakukan 22-25 Oktober, pengumuman dilakukan pada 28 Oktober secara online. Dilanjutkan test kesehatan kedua pada 29 Oktober hingga 1 November. Para calon yang diumumkan lulus tes kesehatan pada 2 November, selanjutnya mengikuti tes kesamaptaan pada 3-4 November. Hasilnya diumumkan secara online pada 5 November. 

Tahapan selanjutnya dilanjutkan pada 6-9 November. Peserta akan mengikuti test psikologi untuk melihat integritas dan kejujuran. Hasilnya diumumkan pada 14 November. Kemudian calon praja diharuskan melakukan pendaftaran untuk mengikuti test penentuan akhir pada 15-17 November. Pelaksanaan test dilakukan pada 17-21 November. 

JAKARTA- Minat kaum muda dari seluruh Indonesia menimba ilmu di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), ternyata sangat tinggi. Terbukti, sejak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News