Pak Jokowi...Buka Dong Laporan Keuangan PT. Freeport ke Publik

Pak Jokowi...Buka Dong Laporan Keuangan PT. Freeport ke Publik
Ilustrasi. Foto: Dok.JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti dari Lingkar Studi Perjuangan, Agus Priyanto meminta Presiden Jokowi agar memerintahkan Kementerian Keuangan untuk membuka seluruh laporan keuangan PT Freeport, agar publik mengetahui secara utuh apa sumbangsih perusahaan itu kepada negara. 

"Pembukaan laporan keuangan PT Freeport Indonesia ini menjadi penting bagi publik karena banyak yang ahli yang berpendapat, keberadaan PT Freeport Indonesia sejak 52 tahun lalu, lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya," kata Agus kepada JPNN.com, Sabtu (10/10).

Sebagai sebuah gambaran, kata dia, ketika datang ke Indonesia tahun 2009, Presiden AS Barrack Obama mengungkapkan bahwa Freeport Indonesia membukukan pendapatan sebesar US$5,9 miliar, pada 2009. Dan hingga Juni 2010, setorannya kepada pemerintah sebesar US$899 juta. 

Maka jika dirata-rata dalam kurun waktu setahun di 2010 itu, sambungnya, Freeport Indonesia setor US$1,798 miliar. Sementara itu, total kewajiban keuangan yang dibayarkan Freeport Indonesia kepada pemerintah Indonesia sejak 1992 hingga Juni 2010 tercatat US$10,4 miliar.

"Bayangkan, hanya sepertiga dari total pendapatan yang diperolah Freeport yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia," tandasnya. (wow/jpnn) 


JAKARTA - Peneliti dari Lingkar Studi Perjuangan, Agus Priyanto meminta Presiden Jokowi agar memerintahkan Kementerian Keuangan untuk membuka seluruh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News