Pesawat Malaysia dan Singapura Mulai Membombardir Sumsel, Australia Menyusul

Pesawat Malaysia dan Singapura Mulai Membombardir Sumsel, Australia Menyusul
Helikopter Chinook Singapura yang diperbantukan untuk memadamkan kebakaran hutan di Indonesia. FOTO: AFP

jpnn.com - JAKARTA - Pemadaman api kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan asap di Sumatera dan Kalimantan  masih terus dilakukan. Upaya pemadaman udara di Sumatera Selatan diperkuat dengan kehadiran pesawat dari Malaysia dan Singapura.

Hari ini, Minggu (11/10), tim gabungan operasi udara dari Indonesia, Singapura dan Malaysia bersama-sama memadamkan api di Bumi Sriwijaya. Operasi dikonsentrasikan di daerah Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin, Sumsel.

"Total ada tujuh helikopter dan tiga pesawat fix wings melakukan water bombing, dan satu pesawat Casa untuk hujan buatan," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (11/10).

Dijelaskan Sutopo, tujuh helikopter dan empat pesawat itu terdiri dari enam helikopter BNPB, satu helikopter dari Singapura, dua pesawat Air Tractor dari Kementerilah Lingkungan Hidup dan Kehutanan, satu pesawat hujan buatan BNPB, dan satu pesawat Bombardier dari Malaysia.

Pemerintah Malaysia telah mengirimkan 1 pesawat jenis Bombardir 415 MP dengan kapasitas 6 ton air, Jumat (9/10) sore. "Cara loading air dengan scooping di laut," tegasnya.

Pesawat ini akan beroperasi sampai dengan 16 Oktober 2015 atau praktisnya hanya lima hari efektif). "Setelah itu, pihak Malaysia akan melihat situasi apakah ditarik pulang atau diperpanjang," ungkapnya.

Sedangkan Singapura telah mengirimkan satu Helikopter Chinook dengan kapasitas 5 ton air yang tiba Sabtu (10/10) siang. "Heli ini akan dioperasikan selama 13 hari yaitu 11-23 Oktober 2015," tegasnya.

Dia menegaskan, pemegang komando kendali nasional adalah Indonesia melalui BNPB. Sedangkan Kodal operasi sehari- hari berada pada Komandan Sub Satgas Udara.

JAKARTA - Pemadaman api kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan asap di Sumatera dan Kalimantan  masih terus dilakukan. Upaya pemadaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News