Busyet Deh... Jero Wacik Juga Gunakan DOM untuk Biaya Ngaben Ayahnya

Busyet Deh... Jero Wacik Juga Gunakan DOM untuk Biaya Ngaben Ayahnya
Jero Wacik. Foto: Dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jero Wacik diduga menyalahgunakan dana operasional menteri (DOM) semasa menjabat menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2008-2011.

Anggaran yang harusnya untuk mendukung kegiatan dinas menteri digunakan Jero membiayai berbagai keperluan pribadi dan keluarganya.

Hal itu diakui oleh bekas anak buah Jero di Kemenbudpar bernama Luh Ayu Rusminingsih. Menurutnya, anggaran DOM pernah digunakan untuk membiayai upacara ngaben ayah Jero.

"Untuk ngaben, juga untuk (transportasi) keluarga ke Bali," kata Luh saat bersaksi dalam persidangan untuk Jero Wacik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (12/10).

Luh yang pada masa kepemimpinan Jero menjabat sebagai Kabag TU Pimpinan ini menyebut penggunaan DOM untuk keperluan ngaben tidak dibenarkan. Karena itu, untuk menyiasatinya dibuatlah laporan  laporan perjalanan fiktif atas nama pegawai dan staf Kemenbudpar.

"Termasuk nama saya dipakai," ungkapnya.

Luh sebelumnya pernah mengaku kepada penyidik KPK bahwa dirinya diperintah Jero untuk mengurus berbagai keperluan keluarga politikus Partai Demokrat itu. Semua dilakukannya dengan menggunakan uang dari DOM.

Hal tersebut terungkap dari BAP terhadap Luh yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum pada KPK dalam persidangan.

JAKARTA - Jero Wacik diduga menyalahgunakan dana operasional menteri (DOM) semasa menjabat menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2008-2011. Anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News