Banyak Maskapai Indonesia Gunakan Jasa Pilot Asing? Ini Alasannya

Banyak Maskapai Indonesia Gunakan Jasa Pilot Asing? Ini Alasannya
ILUSTRASI. Pixabay.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wahyu Satrio Utomo, mengungkap penyebab banyaknya maskapai yang menggunakan jasa pilot asing ketimbang dalam negeri.

Pasalnya, sampai saat ini masih banyak pilot, terutama maskapai swasta yang memilih menggunakan jasa pilot berkewarganegaraan asing. Ternyata, kebanyakan para pilot asing tersebut menomer-duakan masalah gaji.

“Kenapa Lion, Susi Air, itu kebanyakan mereka pakai pilot-pilot asing‎? Karena bayarannya murah,” ujar Satrio di Jakarta, Senin (12/10).

Bahkan sambung Satrio, pilot asing bersedia tidak dibayar asalkan bisa diberikan kesempatan untuk terbang. Meski demikian, Satrio berharap fenomena menggunakan jasa pilot asing bisa diminimalisir.

“Mungkin mereka (pilot asing-red) tidak dibayar juga mau, karena jam terbang yang paling utama yang mereka incar. Ke depan kita jangan mau gitu. Pakai aja pilot dalam negeri,” imbau Satrio.(chi/jpnn)  

JAKARTA - Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wahyu Satrio Utomo, mengungkap penyebab banyaknya maskapai yang menggunakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News