Diet dan Olahraga Bisa Mencegah Diabetes

Diet dan Olahraga Bisa Mencegah Diabetes
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Dalam perbandingan head-to-head lebih dari 15 tahun, diet dan olahraga mengungguli metformin, obat yang mencegah orang yang berisiko tinggi untuk diabetes dari mengembangkan penyakit.

Metformin, yang membantu mengontrol gula darah dan bisa digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan insulin untuk mengobati diabetes tipe 2.

“Intervensi gaya hidup itu lebih kuat dalam mencegah atau menunda perkembangan diabetes,” kata peneliti, profesor David M. Nathan, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (11/10).

“Namun, ada subkelompok tertentu di mana intervensi gaya hidup memiliki efek bahkan lebih kuat khususnya pada mereka yang berusia lebih tua," kata Nathan lebih lanjut.

Metformin relatif lebih efektif pada orang yang lebih muda dan mereka yang lebih gemuk.

Para peneliti meneliti peserta yang masih hidup dari studi pencegahan diabetes antara tahun 1996 dan 2001 yang mengikuti intervensi gaya hidup intensif, mereka yang mengonsumsi 850 miligram metformin dua kali sehari dan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Para peserta semua mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki peningkatan kadar gula darah.

Pada akhir penelitian tersebut mereka yang menjalani pola intervensi gaya hidup, yang termasuk rendah lemak, diet rendah kalori dan 15 menit latihan intensitas sedang harian, memiliki risiko 58 persen lebih rendah mengembangkan diabetes dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Dalam perbandingan head-to-head lebih dari 15 tahun, diet dan olahraga mengungguli metformin, obat yang mencegah orang yang berisiko tinggi untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News