Tumbuhkan Minat Baca Sedari Dini

Tumbuhkan Minat Baca Sedari Dini
ILUSTRASI. FOTO: DOK.Metro Siantar/Grup JPNN.com

jpnn.com - Teluk Bintuni - Minat baca masyarakat Indonesia masih rendah dibanding negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Bahkan, berdasarkan hasil survey Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO) pada 2012, indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001. Artinya hanya ada 1 dari 1.000 masyarakat Indonesia yang memiliki minat baca serius.

Padahal, minat baca perlu untuk ditumbuhkan sedari dini, agar kebiasaan membaca terbawa hingga seseorang beranjak dewasa guna mengasah kemampuan berpikir seseorang. Hal ini mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencanangkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Permendikbud) No. 21/2015 tentang kewajiban membaca selama 15 menit.

Guna mendukung Gerakan Wajib Membaca 15 Menit yang dicanangkan Pemerintah, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Teluk Bintuni bersama dengan Putera Sampoerna Foundation melalui School Development Outreach (PSF-SDO), Senin (12/10) meluncurkan Program Pemberdayaan Perpustakaan di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Program ini terdiri atas pelatihan khusus dan lokakarya bagi kepala sekolah dan guru sekolah dasar (SD) mengenai manajemen perpustakaan serta penyerahan 1.500 buku yang terdiri dari 150 judul buku penunjang pembelajaran untuk 10 SD di Teluk Bintuni, Papua Barat.

“Sebagai sebuah institusi bisnis sosial yang berfokus pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, School Development Outreach (SDO) merasa terhormat menjadi bagian dalam pelaksanaan program peningkatan minat baca masyarakat Indonesia, terutama untuk masyarakat di Papua Barat,” ungkap Ben Suadi, Direktur Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach melalui siaran persnya.

Rendahnya kemampuan dan keterampilan guru dalam mengelola perpustakaan serta minimnya ketersediaan buku di perpustakaan sekolah digadang-gadang menjadi sebab rendahnya minat baca masyarakat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru mengenai manajemen perpustakaan dan meningkatkan minat membaca siswa/i. Dengan demikian, tercipta perubahan yang signifikan terhadap minat baca masyarakat Papua Barat.

Program yang dijalankan selama Oktober hingga Desember 2015 ini terdiri atas manajemen perpustakaan, bedah perpustakaan dan program membaca. Melalui program ini, para peserta pelatihan yang terdiri dari 40 guru dan kepala sekolah dapat mengaplikasikan keterampilan pengelolaan dan pemberdayaan perpustakaan di sekolah tempat mereka mengajar.

Teluk Bintuni - Minat baca masyarakat Indonesia masih rendah dibanding negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Bahkan, berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News