Wow! Menhan Ryamizard Tiru Cara Israel Hadapi Serangan Palestina

Wow! Menhan Ryamizard Tiru Cara Israel Hadapi Serangan Palestina
Ryamizard Ryacudu. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menunjukkan keseriusannya membentuk gerakan nasional Bela Negara. Hal tersebut dibuktikan melalui program pendidikan bagi pelatih gerakan ini di 45 kabupaten di Indonesia.

Dijelaskan, Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kementerian Pertahanan akan mencanangkan pendidikan dan pelatihan bela negara pada 4.500 kader di 45 Kabupaten tersebut pada 19 Oktober mendatang.

“Program ini adalah pilot project untuk melatih kader, yang akan ditindaklanjuti pencanangan gerakan Bela Negara pada 1 Januari 2016 mendatang.  Kader dibentuk untuk mewujudkan Indonesia yang kuat di tengah kompleksitas berbagai bentuk ancaman nyata," ujar Ryamizard di kantor Kemhan, Jakarta, Senin (12/10).

Program ini dijalankan Ryamizard dengan merujuk pada Israel. Di Israel, kata dia, dengan jumlah penduduk hanya sekitar 7 juta jiwa, bisa menahan serangan dari Palestina. Pertahanan semacam itu, tegasnya, hanya bisa tercipta karena tiap warga negara memiliki kesadaran membela negara.

Dengan penduduk berjumlah 250 juta lebih, mantan KSAD itu menilai, Indonesia memiliki potensi besar menciptakan warga yang membela negara. Jika separuh dari jumlah itu mampu meresapi pentingnya Bela Negara maka, Ryamizard meyakini kekuatan pertahanan Indonesia tak bisa diremehkan.

"Bayangkan jika 100 juta warga RI punya kepribadian Bela Negara, maka sama dengan mempunyai 100 juta tentara," ungkap jenderal purnawirawan kelahiran Palembang itu.

Ryamizard berharap proses pengaderan akan sukses dan selanjutnya gerakan Bela Negara bisa berjalan. Ditargetkan dalam 10 tahun ke depan, separuh atau seitar 100 juta dari penduduk Indonesia tergabung dalam program pemerintah ini. Ryamizard menegaskan kegiatan ini tak ada hubungannya dengan wajib militer seperti negara lain.

Bahkan, untuk lebih meyakinkan, pihaknya telah membuat MoU dengan kementerian terkait. Kemendikbud contohnya, untuk menerapkan Bela Negara sebagai unsur di kurikulum pendidikan. Hal ini dilakukan guna menanamkan sikap Bela Negara sejak dini, pada bangsa Indonesia.

JAKARTA--Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menunjukkan keseriusannya membentuk gerakan nasional Bela Negara. Hal tersebut dibuktikan melalui program

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News