Masyarakat Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Perlu Pelatihan Intensif

Masyarakat Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Perlu Pelatihan Intensif
Marwan Jafar. Foto: JPNN

jpnn.com - YOGYAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menyambut baik langkah pelatihan ‎yang dilaksanakan  Balai Latihan, Pengembangan, Data dan Informasi wilayah Yogyakarta, Jateng, dan Jatim‎, pada sejumlah petani pada 1-12 Oktober.

Pasalnya, materi pelatihan terkait kebutuhan langsung masyarakat. Yaitu pelatihan hortikultura tanaman sayuran dan budidaya ikan air tawar. Karena itu, Marwan berharap sosialisasi dari pelaksanaan pelatihan lebih dimaksimalkan.

"‎Pelatihan ini penting dan bisa dimanfaatkan masyarakat. Para transmigran juga sangat membutuhkan model pelatihan semacam ini," ujar Marwan, Selasa (13/10).

Selain itu, Marwan berpesan agar pelatihan di masa mendatang bisa dilaksanakan dengan menggandeng perguruan tinggi. Salah satunya ialah Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Misalnya dengan UGM yang punya studi pedesaan dengan hasil kajian yang luar biasa besar. Punya daerah binaan, sehingga perlu dibangun. Mereka perlu kerja sama dengan balai besar latihan ini. Di Jogjakarta banyak ahli tentang pemberdayaan masyarakat dan pertanian. Makanya perlu dilakukan semacam forum group discution (FGD) untuk hal-hal strategis bagi masyarakat desa, daerah tertinggal, juga transmigrasi," ujar Marwan. (gir/jpnn)

 


YOGYAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menyambut baik langkah pelatihan ‎yang dilaksanakan 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News