Hingga September, Pemerintah Sudah Bangun 600 Ribu Rumah

Hingga September, Pemerintah Sudah Bangun 600 Ribu Rumah
ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Ratusan ribu unit rumah sudah berhasil dibangun pemerintah. Sepanjang sembilan bulan pertama 2015 ini, pemerintah sudah berhasil membangun 489.029 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sedangkan untuk perumahan Non-MBR telah dibangun 135.646 dari rencana 396.484 unit yang akan dibangun.

“Kami terus mendorong pengembang baik untuk pembangunan rumah MBR maupun Non MBR untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Hingga September 2015, setidaknya lebih dari 600 ribu unit rumah telah dibangun,” ujar Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kemarin (13/10).

Langkah serius pemerintah dalam mendorong pengembang merealisasikan pembangunannya dilakukan dengan memangkas sejumlah perizinan. Dari 42 izin, kini menjadi hanya delapan izin dengan jangka waktu 14 hari kerja.

Selain itu, biaya restribusi juga dipangkas dengan memberikan keringanan 95 persen. Bagi calon pembeli rumah, pemerintah  juga telah  menyiapkan dana Rp 220 miliar untuk bantuan uang muka (Down Payment/DP) tahun ini. Dari jumlah ini maka setiap unit rumah murah akan mendapat bantuan DP sebesar Rp 4 juta. (mna/jos/jpnn)

 


JAKARTA- Ratusan ribu unit rumah sudah berhasil dibangun pemerintah. Sepanjang sembilan bulan pertama 2015 ini, pemerintah sudah berhasil membangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News