OC Kaligis Minta Orang Ini Berbohong ke KPK

OC Kaligis Minta Orang Ini Berbohong ke KPK
OC Kaligis. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Terdakwa kasus suap hakim PTUN Medan yang juga pengacara kondang Otto Cornelis Kaligis alias OC Kaligis bergerak cepat setelah anak buahnya M Yagari Bhastara alias Gary tertangkap tangan KPK melakukan transaksi suap ke hakim PTUN Medan.

Saat itu OC Kaligis langsung merancang skenario untuk memutus keterkaitan dirinya, Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti dari perkara tersebut. Dia pun memberi pengarahan kepada pihak-pihak terkait agar menjalankan skenario yang sudah disusun.

Hal itu terungkap dari kesaksian Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumut, Ahmad Fuad Lubis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (15/10). Dia mengaku bertemu dengan dua orang anak buah OC Kaligis di Bandara Kualanamu, beberapa hari setelah operasi tangkap tangan terjadi.

“Kami dipanggil bertemu dua orang di bandara tapi saya tidak tahu siapa namanya untuk buat semacam konstruksi," ujar Ahmad Fuad.

Jaksa Penuntut Umum pada KPK kemudian menunjukan foto anak buah OC Kaligis yang bernama Afrian Bondjol alias Boy. Fuad pun membenarkan bahwa Afrian adalah orang yang ditemuinya di Kualanamu.

Menurut Fuad ketika itu Afrian menunjukan sebuah skema yang menggambarkan hubungan pihak-pihak terkait dalam suap PTUN Medan. "(Dalam skema) ada garis koordinasi, garis perintah dan garis aliran dana," jelas Fuad.

Afrian pun meminta Fuad untuk memutus garis perintah antara dirinya dengan Gatot Pujo Nugroho. Dengan kata lain, Fuad diminta menyangkal ada perintah dari Gatot untuk mendaftarkan gugatan ke PTUN Medan terkait kewenangan Kejati Sumut dalam menyelidiki kasus dugaan korupsi dana bansos.

"Maksudnya supaya kalau kami diperiksa di KPK kami menyampaikan sesuai konstruksi itu," ujar Fuad.

JAKARTA - Terdakwa kasus suap hakim PTUN Medan yang juga pengacara kondang Otto Cornelis Kaligis alias OC Kaligis bergerak cepat setelah anak buahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News