Bebaskan Visa untuk 90 Negara, Indonesia Target Raup USD 1 Miliar

Bebaskan Visa untuk 90 Negara, Indonesia Target Raup USD 1 Miliar
ilustrasi/ Wikipedia

jpnn.com - JAKARTA- Pemerintah optimistis menggenjot tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia pada 2015 ini hingga tahun-tahun berikutnya. Ini menyusul adanya pemberlakuan bebas visa kunjungan (BVK) untuk wisatawan dari 90 negara.

"Pertama ada 15 negara bebas visa, yang kedua ditambah 30 jadi 45. sekarang menjadi 90 karena ditambah lagi 45 negara. Sehingga ada 90 negara yang bebas visa," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam jumpa pers di kantor kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/10).

Indonesia, ujarnya, menargetkan kunjungan 10 juta wisman. Untuk saat ini, kata Arief, dari Januari-Agustus lalu, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia mencapai 6,3 juta orang, atau 103 persen dari target yang ditetapkan, yaitu 6.150.000 orang.

“ Untuk tahun depannya target kunjungan Wisman 12 juta akan lebih mudah bisa dicapai dengan bebas visa kunjungan tersebut,” imbuhnya.

Menurut Arief, jika bebas visa kunjungan itu berhasil meningkatkan jumlah wisman maka diperkirakan jumlah devisa yang masuk untuk negara pun akan semakin meningkat. Ia memperkirakan devisa negara bertambah menjadi USD 1 miliar per tahun.

Untuk diketahui, lanjut Arief, pada 2014 lalu devisa dari sektor pariwisata mencapai USD 10 miliar, sedangkan pada 2013 devisa USD 9,4 miliar. Diharapkan pada 2015 ini tercapai USD 12 miliar. (flo/jpnn)


JAKARTA- Pemerintah optimistis menggenjot tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia pada 2015 ini hingga tahun-tahun berikutnya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News