Aimaaak...Ini Alasan Bung Karno Waktu Kawin Lagi

Aimaaak...Ini Alasan Bung Karno Waktu Kawin Lagi
Bung Karno dan Hartini menari lenso. Foto: Istimewa.

jpnn.com - JULI 1953. Gerakan emansipasi wanita sedang marak-maraknya memperjuangkan undang-undang perkawinan antipoligami.

Di tengah hangatnya isu tersebut, Bung Karno kawin lagi dengan Hartini, istri pertamanya setelah Fatmawati. Jadilah Istana Negara menjadi sasaran empuk demonstrasi gerakan emansipasi wanita tersebut. 

"Kalau demonstrasi ini dilakukan untuk menentang kebijaksanaan negara, aku dapat segera mengambil tindakan," kata Bung Karno. Tapi, "demonstrasi ini ditujukan pada pribadiku. Karena itu aku tak berbuat apa-apa," sambungnya, dicuplik dari Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adams.

Masa itu banyak orang-orang bertanya-tanya, kenapa Bung Karno kawin lagi?     

"Alasannya sederhana saja. Alasan pokok yang telah berlangsung sejak zaman dahulu dan akan tetap berlangsung terus setelah aku tidak ada lagi," tuturnya.

Apa itu? "Aku bertemu dengannya. Aku jatuh cinta kepadanya. Dan begitulah yang terjadi. Tidak lebih dari itu," demikian Bung Karno. (wow/jpnn)


JULI 1953. Gerakan emansipasi wanita sedang marak-maraknya memperjuangkan undang-undang perkawinan antipoligami. Di tengah hangatnya isu tersebut,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News