Nadal Buktikan Belum Habis

Nadal Buktikan Belum Habis
Rafael Nadal. Int

jpnn.com - SHANGHAI - Siapa bilang era big four (Novak Djokovic, Roger Federer, Andy Murray, Rafael Nadal) mulai luntur. Kemarin (16/10), tiga di antara empat petenis top dunia itu memastikan slot semifinal Shanghai Masters. Hanya Federer yang gagal menembus babak empat besar. 

Federer sendiri gagal total di Shanghai Masters tahun ini. Dia langsung tumbang di laga pembuka Senin lalu (12/10). Tempatnya digantikan petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga. Petenis 30 tahun ini bakal menantang Nadal di semifinal hari ini. 

Nadal melaju ke semifinal dengan mantap. Mantan ranking 1 dunia itu menumbangkan unggulan keempat asal Swiss, Stanislas Wawrinka dua set langsung 6-2, 6-1. Hanya butuh 63 menit bagi Nadal mengirim pulang juara Prancis Terbuka 2015 tersebut. "Kembali ke semifinal adalah luar biasa bagi saya," ucap Nadal dikutip Reuters.

Ini memang capaian baik bagi Nadal. Di tanah Tiongkok, dia mencapai semifinal lapangan keras dua kali berturut-turut. Kali pertama dia lakukan sepanjang 2015. Minggu lalu Nadal menjadi runner up pada ajang Tingkok Terbuka di Beijing (11/10). 

Sepanjang 2015, prestasi Nadal naik-turun. Dia adalah anggota big four yang prestasinya paling jeblok tahun ini. Bahkan, banyak pihak memprediksi kariernya sudah tak akan segemerlap dulu. 

Puncaknya Juni lalu peringkat Nadal jeblok ke ranking 10 dunia. Terburuk dalam 10 tahun terakhir. "Ini kemajuan luar biasa,” ucap petenis 29 tahun itu. "Kemajuan dalam kepercayaan diri dan level bermain. Saya bekerja keras untuk semua ini," tambah Nadal usai memastikan satu tempat di empat besar.

Di semifinal, tugas berat menantinya. Tsonga bukanlah lawan yang mudah. Unggulan ke-16 ini kemarin menumbangkan petenis Afrika Selatan Kevin Anderson dalam rubber set 7-6 (6), 5-7, 6-4.

"Saya sangat agresif tadi (kemarin, Red). Servis saya juga baik. Bergerak baik, mendapatkan momen terbaik. Saya ingin tetap bermain seperti ini seterusnya,"  ucap Tsonga dikutip situs resmi ATP. (irr/ang)


SHANGHAI - Siapa bilang era big four (Novak Djokovic, Roger Federer, Andy Murray, Rafael Nadal) mulai luntur. Kemarin (16/10), tiga di antara empat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News