Menumbuhkan Kecintaan Siswa SMP Strada di Bidang Iptek

Menumbuhkan Kecintaan Siswa SMP Strada di Bidang Iptek
Tampak (dari kiri ke kanan) tiga siswi SMP Strada Pelita Pejompongan, Jakarta Pusat, Thezalonica Lestari Supit, Dinda Lestari dan Sisil di Jakarta, Sabtu (17/10). FOTO: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com - Ada banyak cara untuk menumbuhkan kecintaan siswa-siswi di ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Salah satunya melalui kegiatan study tour ke museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahun dan Teknologi (Puspa Iptek) Bandung.

Hal itu yang dilakukan siswa-siswi SMP Strada Pelita Pejompongan, Jakarta Pusat didampingi Kepala Sekolah SMP Strata Pelita Pejompongan, Ibu C. Heri Dwi Suwartini dan para gurunya dalam kegiatan study tour di Museum Puspa Iptek, Bandung, Kamis, 15 Oktober 2015 lalu.

Museum Puspa Iptek ini merupakan kawasan tempat belajar dan bermain yang memiliki bentuk gedung reflika atau integrasi Jam Matahari Sundial dengan jenis horizontal dan vertikal yang terbesar di dunia.

Secara konsep hal ini merupakan tatanan terpadu antara gerbang bumi dan 12 bulan, sehingga ketiga tatanan tersebut merupakan refleksi konstelasi Matahari, Bumi dan Bulan.

Seperti dikutip dari laman Budaya Indonesia, di museum Puspa Iptek Bandung, terdapat pula reflika bumi yang terbuat dari batu alam yang berdiameter 2m dengan berat 12 ton, batu ini diambil dari sekitar daerah penambangan di Padalarang yang di simpan di depan gerbang.

Batu reflika bumi bulat tersebut dikelilingi oleh tiang-tiang sebanyak 12 tiang. Hal ini melambangkan banyaknya bulan dalam perhitungan satu tahun, setiap tiang tiang tersebut dihiasi dengan berbagai aneka ragam kalender tradisional daerah nusantara Indonesia dan luar negeri.

Dalam study tour ini, para siswa tentu saja mendapat pengalaman baru, dimana tidak hanya mengetahui perkembangan Iptek di Tanah Air melalui membaca buku, tetapi bisa langsung mendatangi museum menyimpan ratusa koleksi Iptek hasil karya  putra-putri terbaik bangsa ini.

Beberapa siswi yang ikut dalam kegiatan study tour ini mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Diantaranya, Dinda Lestari dan Sisil, Siswi Kelas IX SMP Strada Pejomponga dan  Thezalonica Lestari Supit, Siswi Kelas VIII SMP Strada Pejompongan.

Ada banyak cara untuk menumbuhkan kecintaan siswa-siswi di ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Salah satunya melalui kegiatan study tour ke museum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News