Mendikbud: Guru Harus Dengar Curhat Orang Tua

Mendikbud: Guru Harus Dengar Curhat Orang Tua
Menteri Pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mendikbud Anies Baswedan menyatakan sebagian kekerasan terhadap anak juga terjadi di lingkungan sekolah. Karenanya, sekolah harus menjadi hilir untuk melihat gejala-gejala anak yang menjadi korban kekerasan.

“Sekolah itu hilirnya, masalah apakah di rumah, di lingkungan sekitar, bisa terbawa sampai sekolah. Itu karena hilirnya di situ," ujar Anies dalam jumpa pers di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/10).

Untuk itu, Anies meminta para guru untuk berperan aktif mengawasi sekaligus mencegah terjadinya kekerasan. Baik karena masalah anak di rumah, di lingkungan sekitar mau pun di sekolah. Guru dan orang tua, tegasnya, harus intensif berinteraksi.

“Harus dibuat interaksi lebih intensif. Mulai dari semester ini wali kelas harus berinteraksi dengn orang tua lebih intensif. Bukan sekadara pembagian rapor tapi juga konsultasi antara orang tua dan wali kelas,” imbuhnya.

Selain itu, kata Anies, kementeriannya juga akan membuat direktorat khusus untuk orang tua. Ini, lanjutnya, penting untuk pendidikan orang tua.

“Mulai tahun ini, dibuat direktorat khusus pendidikan orang tua. Materi untuk pendidikan orang tua dilakukan lewat inistitusi sekolah, lewat wali kelas,” tandas Anies.(flo/jpnn)


JAKARTA - Mendikbud Anies Baswedan menyatakan sebagian kekerasan terhadap anak juga terjadi di lingkungan sekolah. Karenanya, sekolah harus menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News