Toyota Siap Investasi Rp 20 Triliun

Toyota Siap Investasi Rp 20 Triliun
Teknisi Toyota menyiapkan mesin mobil di salah satu pabrik di Jakarta. Foto: Raka Denny/dok. Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA--Investasi Jepang di Indonesia cukup besar nilainya. Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan, investasi Jepang di Indonesia pada 2014 menduduki peringkat kedua setelah Singapura dengan nilai sebesar USD 2,7 miliar dan 1.010 proyek.

"Investasi Jepang di Indonesia masih didominasi oleh industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lainnya.," kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan dalam keterangan persnya, Rabu (21/10).

Dikatakan, industri komponen memberi keuntungan bagi kedua belah pihak. Jepang dapat menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk pasar global sekaligus memanfaatkan pasar domestik yang terus tumbuh.

 Sebaliknya, struktur industri Indonesia akan semakin kuat, menciptakan lapangan kerja dan terjadi transfer teknologi.

Putu juga menyebutkan beberapa pabrikan otomotif Jepang siap mendongkrak investasi di Indonesia seperti Mitsubishi Fuso yang bakal memperluas produksi.

Sedangkan Toyota berencana mengalirkan investasi sebesar Rp 20 triliun dalam lima tahun ke depan.‎ (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Investasi Jepang di Indonesia cukup besar nilainya. Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan, investasi Jepang di Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News