Wow... Lukisan Palsu Maestro Pun Bisa Laku Rp 3 Miliar

Wow... Lukisan Palsu Maestro Pun Bisa Laku Rp 3 Miliar
FOTO: jawa pos

jpnn.com - GAIRAH para pencinta seni lukis para maestro benar-benar yang dimanfaatkan para pemalsu lukisan untuk menangguk untung. Bahkan lukisan para maestro yang dipalsukan itu harganya bisa mencapai miliaran rupiah. 

Kolektor yang juga Ketua Perkumpulan Pencinta Senirupa Indonesia (PPSI) Budi Setiadharma menyebutkan, mengaku pernah mendengar bahwa lukisan palsu yang meniru lukisan maestro Hendra Gunawan terjual hingga Rp 3 miliar.

"Bayangkan, orang mengeluarkan miliaran rupiah untuk lukisan palsu. Itu karena kurangnya pengetahuan sehingga tidak teliti saat membeli," kata pria yang sudah menjadi kolektor lukisan sejak 1976 itu.

Presiden Komisaris PT Astra International Tbk itu menuturkan, karya para maestro memang paling diincar oleh para pemalsu lukisan. 

Berdasar pengalamannya, ada beberapa maestro yang karyanya banyak dipalsu. Antara lain, Hendra Gunawan, S. Soedjojono, Affandi, serta H. Widayat. 

BACA: Menelusuri Pemalsuan Lukisan Sang Maestro yang Bikin Gemas Kolektor (1)

"Bahkan maestro lukis yang masih hidup seperti Pak Srihadi, kar­yanya juga banyak yang dipalsukan," ucapnya. (owi/lus/sof/mas)

GAIRAH para pencinta seni lukis para maestro benar-benar yang dimanfaatkan para pemalsu lukisan untuk menangguk untung. Bahkan lukisan para maestro


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News