Sudah Tiga KRI Merapat ke Dermaga Banjarmasin

Sudah Tiga KRI Merapat ke Dermaga Banjarmasin
KRI Banda Aceh di Demarga Trisakti Pelindo III Banjarmasin. Foto: Radar Banjarmasin/JPG

jpnn.com - BANJARMASIN – Kapal milik TNI, KRI DR Soeharso-990, kemarin pagi sudah merapat ke Demarga Trisakti Pelindo III Banjarmasin. Dengan demikian, sudah ada tiga KRI yang disiapkan untuk memberikan bantuan medis dan evakuasi korban bencana kabut asap.

Kedatangan KRI ini sendiri langsung disambut Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto SE beserta perwira dan anggota Lanal Banjarmasin. “Kita sudah komunikasi dengan pemerintah daerah. Tinggal menunggu instruksi,” ujarnya kepada Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group), Senin (26/10) kemarin.

Rencananya, tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka evakuasi korban kabut asap. Apapun hasilnya, tiga KRI ini sudah disiapkan TNI AL untuk bisa memberikan bantuan penanganan korban.

“Sampai kapan di sini, tergantung perintah juga. Tidak menutup kemungkinan juga akan bergeser ke Kalteng,” ujarnya.

Sementara, KRI Banda Aceh sudah merapat Minggu (25/10) tadi malam lebih dulu tiba di Banjarmasin bersamaan dengan KRI Teluk Jakarta-541.

Diungkapkan Letkol Laut (P) Ashari Alamsyah, KRI dr Soeharso-990 merupakan kapal rumah sakit satu-satunya dimiliki TNI AL sejak tahun 2005 lalu. KRI dr Soeharso merapat ke Banjarmasin karena perintah komando tingkat atas.

“Kami ditugaskan untuk membantu perkuatan pemerintah daerah. Kita datang dengan dukungan penuh, ada beberapa medis yang ikut bergabung di kapal ini,” ucapnya.

Dijelaskan Ashari, di dalam KRI dr Soeharso ada dua satuan khusus. Pertama komandan KRI ditugaskan untuk membawa satuan tugas pelayanan kesehatan dengan selamat hingga tujuan. Kemudian satuan tugas pelayanan kesehatan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan fungsi pelayanan kesehatan. “Termasuk melakukan evakuasi,” ucapnya.

BANJARMASIN – Kapal milik TNI, KRI DR Soeharso-990, kemarin pagi sudah merapat ke Demarga Trisakti Pelindo III Banjarmasin. Dengan demikian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News