Pemerintah Targetkan Cetak 2.000 Mahasiswa jadi Pengusaha

Pemerintah Targetkan Cetak 2.000 Mahasiswa jadi Pengusaha
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Hasil riset dan inovasi mahasiswa selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Sebagian besar berakhir jadi laporan tertulis dan menumpuk di perpustakaan. 

Karena itulah, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendorong semakin banyaknya mahasiswa menjadi pengusaha bermodal hasil riset dan inovasi di kampus.

Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Ali Ghufron Mukti menjelaskan, program mencetak mahasiswa menjadi pengusaha itu dilakukan secara masal. 

"Target kami, ada 2.000 mahasiswa setiap tahun yang bisa menjadi wirausahawan," katanya di Jakarta kemarin (31/10).

Target tersebut hampir tercapai. Saat ini sudah tercatat ada 1.652 mahasiswa pengusaha (82,5 persen). Ghufron menjelaskan, Kemenristekdikti akan terus mendorong lewat intervensi kurikulum maupun pendanaan kegiatan riset dan inovasi.

Guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menambahkan, semangat utama Kemenristekdikti mencetak mahasiswa pengusaha adalah hilirisasi hasil riset dan inovasi. 

“Kami tidak ingin hasil riset dan inovasi itu jadi barang mati. Harus dikaryakan atau diproduksi masalah menggandeng dunia industri." (wan/c9/ttg) 


JAKARTA - Hasil riset dan inovasi mahasiswa selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Sebagian besar berakhir jadi laporan tertulis dan menumpuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News