Umur Jantung Pria dan Wanita Berbeda, Ini Penjelasannya

Umur Jantung Pria dan Wanita Berbeda, Ini Penjelasannya
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Pria dan wanita akan selalu memiliki perbedaan mereka, tetapi analisis baru menemukan bahwa perbedaan ini meluas ke anatomi jantung.

Perbedaan menjadi jelas hanya setelah peneliti mempelajari hampir 3.000 orang dewasa selama sekitar 10 tahun. Pada akhir studi yang dipublikasikan secara online dalam Jurnal Radiologi, para peneliti menemukan bahwa jantung pria dan wanita tumbuh berbeda dari waktu ke waktu.

Studi ini berfokus pada satu ruang jantung yakni ventrikel kiri yang memompa darah beroksigen dari jantung ke dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, ventrikel kiri menurun dalam kapasitasnya untuk memompa darah.

Tapi para peneliti menemukan bahwa penurunan ini terjadi berbeda, tergantung pada jenis kelamin seseorang. Pada pria, otot jantung sekitar ruang ventrikel kiri tumbuh lebih besar dan lebih tebal seiring bertambahnya usia, sementara pada wanita otot sekitar ruang ventrikel kiri mempertahankan ukuran atau semakin kecil, para peneliti menemukan.

Tidak jelas mengapa hal ini terjadi tapi perbedaan yang menarik ini bisa membantu para peneliti menentukan apakah terapi spesifik gender diperlukan untuk pria dan wanita yang memiliki masalah jantung.

“Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penyakit jantung mungkin memiliki patofisiologi yang berbeda pada pria dan wanita dan kebutuhan untuk perawatan harus juga disesuaikan," kata penulis studi senior, Dr. João Lima, seperti dilansir laman Fox News, Senin (2/11).

Studi ini adalah sebuah studi penelitian jangka panjang pertama yang menggunakan scan MRI untuk mengamati struktur ventrikel kiri dan fungsinya dari waktu ke waktu. Peneliti lain telah meneliti jantung dengan menggunakan scan ultrasound, tapi scan MRI lebih rinci.

Penelitian ini melibatkan 2.935 orang dewasa usia 45-84 tahun. Tak satu pun dari peserta memiliki penyakit kardiovaskular ketika mereka mengikuti penelitian ini. Para dokter melakukan scan MRI pada masing-masing peserta pada awal dan akhir penelitian.

Pria dan wanita akan selalu memiliki perbedaan mereka, tetapi analisis baru menemukan bahwa perbedaan ini meluas ke anatomi jantung. Perbedaan menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News