Belasan Calon Kada Ziarah Bersama ke Makam Pak Harto

Belasan Calon Kada Ziarah Bersama ke Makam Pak Harto
Para calon kepala daerah saat ziarah ke makam Pak Harto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (1/11). Foto: Sahrudi Rais for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Belasan calon kepala daerah yang akan bertarung pada pilkada serentak 9 Desember nanti bersama-sama ziarah ke makam mendiang Presiden Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (1/11). Ada 15 pasangan kepala daerah yang  ikut ziarah ke makam Preiden RI kedua itu.

Menurut salah satu calon kepala daerah yang ikut nyekar ke Astana Giribangun, Misranto, mendiang Pak Harto masih membekas di jutaan rakyat Indonesia. Warisan kepemimpinannya pun masih sangat dirindukan banyak masyarakat yang saat ini sedang kesulitan.

Misranto mengatakan, Pak Harto masih dicintai karena pemikiran, gagasan dan visi kerakyatannya. “Kami adalah pengagum Pak Harto yang mencintai beliau dengan logika, nalar, dan nurani, tingkatan ini lebih tinggi dari sekadar loyalis,” ujar Misranto melalui siaran pers ke media, Selasa (3/11).

Akademisi dari Universitas Merdeka Pasuruan yang kini mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah di Ponorogo itu menegaskan, ziarah ke makam Pak Harto itu sebagai upaya untuk meneladani sosoknya. “Ini sebagai ikhtiar untuk bisa meneladani pribadi, kinerja, dan wawasannya sebagai pemimpin nasional,” tandas Misranto.

Beberapa calon kada yang ikut ziarah ke makam Pak Harto antara lain M. Haryanto (Cawali  Magelang), Heru Bambang (Cawali Balikpapan, Kaltim), Akhmad Jajuli (Cabup Sukabumi), Martin Labo (Cabup Malinau), Aap Aptadi (Cabup Pandeglang, Banten), H. Suhardi (Cabup Balangan), Suranto (Cabup Cianjur), Didi Apriadi (Cabup OKU Timur, Sumsel), Hamid Muhammad (Cawali Tidore), Gasa Maximus (Cabup Manggarai Barat), H. Sugeng (Cagub Purbalingga), Bambang Susilo (Cabup Paser, Kaltim), HM Ikrom (Cabup Lombok Tengah), Muhammad (Cawabup Bengkalis), dan  Obed Barends (Cabup Kepualauan Aru, Maluku).

Sedangkan Maryanto selaku koordinator ziarah ke makam Pak Harto mengatakan, jasa penyandang julukan Bapak Pembangunan itu dalam mensejahterakan rakyat Indonesia jelas tak bisa dilupakan. Karenanya, kata Maryanto, calon-calon kepala daerah yang nantinya terpilih juga bisa meneladani Pak Harto. “Terutama nilai-nilai luhur yang beliau pegang untuk bisa menyejahterakan rakyat,” ucapnya.(ara/JPNN)


JAKARTA - Belasan calon kepala daerah yang akan bertarung pada pilkada serentak 9 Desember nanti bersama-sama ziarah ke makam mendiang Presiden Soeharto


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News