Pesawat Pengintai Milik TNI AU Ternyata Ada, Tapi Kondisi Sudah Begini

Pesawat Pengintai Milik TNI AU Ternyata Ada, Tapi Kondisi Sudah Begini
Rizal Ramli. Foto.Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memuji teknologi pesawat pengintai Boeing Maritime Surveillance Aircraft (MSA) N6148A, yang telah dijajalnya bersama Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Saat ini kata Rizal, TNI Angkatan Udara (AU) sebetulnya sudah memiliki pesawat pengintai untuk mengawasi laut Indonesia, hanya saja usianya kini sudah terlalu uzur.

"Tadi saya bicara dengan salah satu perwira tinggi AU. Kita punya pesawat pengintai, tapi (usianya) sudah tua, sistem monitoringnya sudah tertinggal. Jadi kita memang perlu ini (pesawat pengintai yang baru)," ungkap Rizal di Jakarta, Rabu (4/11).

Kalaupun nanti jadi membeli pesawat pengintai baru untuk kemaritiman, nantinya penggunaannya akan digunakan bersama-sama dengan berbagai kementerian dan lembaga pemerintah lainnya, termasuk TNI. Tujuannya untuk menghemat anggaran negara.

"Penggunaan itu bisa dikoordinasikan, jangan tiap lembaga beli. Nanti kan datanya bisa dishare. Harus ada sharing penggunaan dan data supaya kedaulatan laut bisa ditegakkan," tandas pria berkacamata ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli memuji teknologi pesawat pengintai Boeing Maritime Surveillance Aircraft


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News