Ini Manfaat Lain Diet Mediterania

Ini Manfaat Lain Diet Mediterania
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Menjalani diet Mediterania yang kaya akan buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan lemak sehat bisa menjaga otak tetap muda di usia tua, sebuah penelitian AS menunjukkan.

“Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa diet Mediterania mampu mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan kondisi otak degeneratif lainnya," jelas pemimpin studi, Yian Gu, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (3/11).

Untuk penelitian ini, para peneliti berfokus pada orang tua dengan fungsi kognitif yang normal untuk melihat apakah diet mediterania mungkin juga dikaitkan dengan kehilangan sel-sel otak lebih sedikit karena penuaan.

“Di antara orang dewasa yang lebih tua, kami mampu mendeteksi hubungan antara diet Mediterania dan ukuran otak yang lebih baik," kata Yu.

Untuk memahami hubungan antara diet dan kesehatan otak, Yu dan koleganya mensurvei 674 orang tua dan menanyai kebiasaan makan mereka dan kemudian otak mereka di scan dengan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI).

Dibandingkan dengan mereka yang tidak teratur mengikuti diet Mediterania, peserta yang menjalani diet mediterania memiliki total volume otak yang lebih besar serta lebih banyak memiliki materi abu-abu dan putih.

Asupan ikan yang lebih tinggi dan konsumsi daging lebih rendah, salah satu aspek dari diet Mediterania mengikat total volume materi abu-abu yang lebih besar pada scan otak.

Makan lebih sedikit daging juga terkait dengan total volume otak yang lebih besar.

Menjalani diet Mediterania yang kaya akan buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan lemak sehat bisa menjaga otak tetap muda di usia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News