Mendapatkan Vaksin Flu Burung Terkait Dengan Penurunan Risiko Stroke

Mendapatkan Vaksin Flu Burung Terkait Dengan Penurunan Risiko Stroke
ILUSTRASI. FOTO: Yahoo

jpnn.com - Dengan datangnya musim flu banyak orang lebih memilih untuk divaksinasi dengan harapan bisa menangkal gejala flu seperti demam, bersin, batuk dan nyeri kepala.

Tapi sebuah penelitian di Inggris baru menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan vaksin flu burung juga akan mendapatkan tambahan bonus perlindungan yakni penurunan risiko jangka pendek untuk stroke.

Menurut tim ilmuwan dari University of Lincoln, vaksinasi flu tampaknya terkait dengan penurunan risiko stroke sekitar seperlima.

Rekan penulis studi, Niro Siriwardena mengatakan bahwa bukti dampak vaksin flu pada risiko stroke bukanlah merupakan suatu kejutan karena penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan yang sama.

“Kejutan utama tentang temuan ini adalah bahwa vaksinasi flu diberikan setiap tahun untuk mencegah komplikasi pernapasan flu seperti pneumonia, bukan untuk mencegah stroke," kata Siriwardena, seperti dilansir laman Health, Selasa (3/11).

Siriwardena, seorang profesor kesehatan primer dan timnya melaporkan temuan baru dalam jurnal Vaccine.

Centers for Disease Control and Prevention memperkirakan jumlah kematian terkait flu antara 3.000 dan 49.000 setiap tahun.

Diperkirakan 80 persen hingga 90 persen menyerang mereka yang berusia di antara orang 65 tahun dan lebih tua.

Dengan datangnya musim flu banyak orang lebih memilih untuk divaksinasi dengan harapan bisa menangkal gejala flu seperti demam, bersin, batuk dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News