Hujan Merata, Ini Daerah-daerah Rawan Banjir

Hujan Merata, Ini Daerah-daerah Rawan Banjir
Banjir. Foto ilustrasi: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Setelah kemarau panjang, awal November ini sebagian wilayah di Indonesia mulai turun hujan dengan intensitas bervariasi. Potensi banjir patut diwaspadai mulai Desember.

Data dari bagian iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, memasuki pekan kedua November curah hujan mulai kembali normal. Ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya wilayah berwarna kuning pada peta prakiraan curah hujan.

Bahkan untuk wilayah tertentu seperti Aceh, Sumatera Utara, serta DKI Jakarta dan sekitarnya curah hujan diprediksi di atas normal (dengan tanda warna hijau). Sementara itu daerah-daerah lain seperti Bali, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) curah hujannya diprediksi masih rendah.

Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, untuk wilayah DKI dan sekitarnya tanda-tanda memasuki musim penghujan sudah semakin kentara. Yakni hujan turun dengan intensitas sedang hinggal lebat dalam beberapa hari terakhir.

Tingginya curah hujan di sebagian wilayah tersebut biasanya diikuti potensi banjir. Namun dalam peta potensi banjir BKMG, bulan ini masih relatif aman alias tidak hanya lokasi rawan banjir. ’’Desember nanti baru mulai banyak daerah masuk kategori potensi banjir menengah,’’ kata dia.

Daerah-daerah yang masuk kategori berpotensi banjir menengah itu diberi tanda kuning. Daerah ini tersebar hampir merata mulai dari Aceh, Sumateta Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Sumatera Selatan serta Lampung.

Daerah berpotensi banjir juga hampir menutupi seluruh wilayah provinsi Banten dan sebagian kecil wilayah Jawa Barat. Sedangkan untuk wilayah DKI, potensi banjir menyebar di Jakarta Barat, Selatan, dan Timur serta Utara.

Bergeser ke wilayah Jawa Tengah titik potensi banjir kategori menengah tidak terlalu banyak. Potensi banjir di Jawa Tengah diprediksi ada di Cilacap, Purworejo, Semarang, Pati, dan Grobogan. Kemudian di wilayah Jawa Timur, lokasi potensi banjir ada di bagian barat. Seperti di Ponorogo, Madiun, Nganjuk, Bojonegoro, Tuban, dan Mojokerto.

JAKARTA – Setelah kemarau panjang, awal November ini sebagian wilayah di Indonesia mulai turun hujan dengan intensitas bervariasi. Potensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News