TKB CPNS 2016 Gunakan Sistem CAT dan Manual

TKB CPNS 2016 Gunakan Sistem CAT dan Manual
Tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Pelaksanaan tes kompetensi bidang (TKB) seleksi CPNS 2016 akan dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat computer assisted test (CAT) dan manual. TKB dengan CAT dilakukan bagi instansi yang infrastrukturnya sudah ada.

"Belum semua instansi yang bisa melaksanakan TKB dengan CAT. Ini karena materinya belum semua ada," kata Kabid Evaluasi Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) ‎Diah Faraz kepada JPNN, Minggu (8/11).

Dijelaskannya, soal-soal TKB disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional (jabfung).

"Berbeda dengan tes kompetensi dasar (TKD) yang soalnya disusun konsorsium perguruan tinggi negeri, untuk materi TKB yang susun instansi pembina jabfung karena mereka lebih tahu apa saja yang harus ditanyakan," bebernya.
 
Begitu materinya selesai, diserahkan ke Panselnas untuk dimasukkan dalam database. "Nah proses ini makan waktu lama, belum semua instansi pembina jabfung menyusun soalnya. Itu sebabnya yang belum ada soalnya menggunakan tes manual dan bukan CAT," terangnya.

Dia menambahkan, kemungkinan besar baru 2017 seluruh TKB menggunakan CAT. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Pelaksanaan tes kompetensi bidang (TKB) seleksi CPNS 2016 akan dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat computer assisted test (CAT) dan manual.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News