Masa Depan Otomotif: 5 Tahun Lagi Tanpa Pengemudi

Masa Depan Otomotif: 5 Tahun Lagi Tanpa Pengemudi
Salah satu mobil canggih yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2015. FOTO: ist

jpnn.com - PAMERAN otomotif Tokyo Motor Show 2015 berakhir sudah. Ditutup pada Sabtu (7/11) lalu, event dua tahunan itu memotret peta dunia otomotif lima tahun ke depan. Yakni, mobil tanpa pengemudi, bahan bakar ramah lingkungan, dan zero emisi.

---

Belum ada produsen kendaraan yang mengawinkan semua teknologi itu secara sempurna. Tetapi, penyajian yang berbeda dari keunggulan yang tidak sama membuat para produsen bersaing penuh dengan menampilkan teknologi yang luar biasa. 

Semua diwujudkan dalam mobil konsep. Beberapa di antara konsep tersebut bahkan sudah mendekati tahap produksi sehingga tidak lama lagi bisa dipasarkan. 

Saat ini hampir semua produsen otomotif meluncurkan mobil dengan kemudi otomatis. Teknologi tersebut memungkinkan pengemudi lepas tangan dan membiarkan kendaran berjalan sendiri melalui sensor. 

Pabrikan Jepang sudah berancang-ancang merilis mobil tanpa pengemudi pada 2020. Bertepatan dengan berlangsungnya Olimpiade Tokyo. Pemerintah Negeri Sakura juga ingin menggunakan Olimpiade sebagai sarana menampilkan produk inovasi. 

Kepolisian Jepang sudah berencana menyusun regulasi khusus kendaraan tanpa pengemudi pada Maret 2017. Kendaraan tersebut diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan dan kemacetan lalu lintas. Tetapi, di sisi lain, masih ada isu yang belum tuntas. Yakni, siapa yang bertanggung jawab ketika kendaraan tanpa pengemudi itu terlibat kecelakaan.

Ketua Asosiasi Produsen Mobil Jepang Fumihiko Ike menekankan pentingnya keselamatan dalam menerapkan kendaraan tanpa pengemudi. Selain itu, munculnya teknologi baru tersebut berpotensi memicu masalah sosial. Antara lain, hilangnya profesi sopir. 

PAMERAN otomotif Tokyo Motor Show 2015 berakhir sudah. Ditutup pada Sabtu (7/11) lalu, event dua tahunan itu memotret peta dunia otomotif lima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News