64 Juta Penduduk Tinggal di Daerah Rawan Banjir, 41 Juta di Area Bahaya Longsor

64 Juta Penduduk Tinggal di Daerah Rawan Banjir, 41 Juta di Area Bahaya Longsor
Ilustrasi banjir. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA  - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pemerintah pusat maupun daerah harus segera mengantisipasi bencana banjir dan longsor seiring datangnya musim penghujan.

Pasalnya, ratusan juta penduduk Indonesia memang tinggal di daerah rawan. Sebanyak 64 juta penduduk Indonesia tinggal di daerah rawan banjir yang tersebar di 315 kabupaten/kota. Sementara itu, sebanyak 41 juta penduduk tinggal di daerah rawan longsor yang tersebar di 274 kabupaten/kota.

"Pemerintah dan pemda harus melindungi masyarakat," ujar Sutopo, Minggu (8/11).

Dia menambahkan, perlu dilakukan rapat koordinasi teknis antisipasi banjir dan longsor. BNPB dan BPBD juga perlu segera menyusun rencana kontinjensi.

Sutopo mengatakan, pola banjir dan longsor umumnya berlangsung selama penghujan. Punncaknya dari Desember hingga Februari.

"Banjir dan longsor sesungguhnya adalah bencana yang dapat diantisipasi karena bisa diprediksi dan dikenali sehingga korban bisa dihindari," tegas Sutopo. (zul/jos/jpnn)


JAKARTA  - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pemerintah pusat maupun daerah harus segera mengantisipasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News