Rizal Ramli: Gus Dur Wali Kesepuluh

Rizal Ramli: Gus Dur Wali Kesepuluh
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menilai, almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur layak dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Hal tersebut dia katakan setelah sehari sebelumnya berziarah ke makam pria yang akrab disapa Gus Dur itu.

Rizal begitu kagum pada mantan Presiden RI-ke 4 itu. Setiap hari makamnya di Jombang didatangi ribuan orang dari berbagai daerah.

"Terbukti sampai hari ini Gusdur tetap di hati orang Indonesia, tiap hari orang ribuan datang berziarah. (Gus Dur) jadi idola, terutama golongan menengah ke bawah," ungkap Rizal di kantornya, Jakarta, Senin (9/11).

Gaya hidup sederhana Gus Dur menurut mantan kepala Bulog itu tercermin dari tempat peristirahatannya yang begitu sederhana. Padahal, biasanya tokoh-tokoh besar memiliki makam yang megah.

"Gus Dur setia pada hidup sederhananya. Hati dan sifatnya bersahaja. Tidak mau megah dan monumental. Terbukti sampai hari ini Gus Dur tetap di hati orang Indonesia,” kata Rizal. 

“Semua menghormati Gusdur bukan dari kemegahannya, tapi pikiran dan cita-cita Gusdur. Menurut saya dia itu wali yang kesepuluh," puji Rizal lagi. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menilai, almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur layak dinobatkan sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News