Keren! Sukhoi TNI Paksa Pilot Amerika Turunkan Pesawatnya di Tarakan

Keren! Sukhoi TNI Paksa Pilot Amerika Turunkan Pesawatnya di Tarakan
Ilustrasi Sukhoi TNI AU di Tarakan. Foto: dok/Radar Tarakan

jpnn.com - TARAKAN - Langit Tarakan Kalimantan Utara diwarnai ketegangan, sekitar pukul 14.30 Wita, Senin (9/11) kemarin. Sebuah pesawat asing melintas di wilayah NKRI.

Tak mau tinggal diam, penjaga terdepan kedaulatan negara di Pangkalan Udara (Lanud) Tarakan melakukan operasi. Dua Sukhoi TNI AU pun melakukan tugasnya dengan sempurna. Pesawat asing jenis propeller single engine dengan nomor lambung N96706 itu akhirnya dipaksa mendarat di Bandara Internasional Juwata Tarakan.

Jelas! Pesawat berkapasitas satu penumpang tersebut dipaksa mendarat karena melanggar batas Negara. Setelah diusut, selain melanggar batas, pilot yang menerbangkan pesawat tidak membawa dokumen penerbangan yang lengkap untuk melintas di langit Indonesia.

“Saat dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen, pilot tidak memiliki flight clearance (FC) yang dikeluarkan TNI AU, flight approva atau (MOT) dari Kementerian Perhubungan RI dan izin kunjungan warga asing yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri,” kata Komandan Pangkalan TNI AU Tarakan, Letnan Kolonel Penerbang Tiopan Hutapea, seperti dilansir dari Radar Tarakan, Selasa (10/11), atau bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Tiopan menegaskan, penurunan paksa dilakukan dua pesawat sukhoi TNI AU yang mangkal di Tarakan ini sudah sesuai prosedur. James Murphy, sang pilot pesawat yang mengaku terbang dari Filipina menuju Malaysia itu, tidak dilengkapi dengan dokumen penerbangan.

“Karena ini sudah menjadi tugasnya TNI AU untuk menjaga kedaulatan NKRI, demi kedaulatan negara,” tegasnya.

Saat pemeriksaan, James mengaku menjalankan tugas dari perusahaan tempatnya bekerja. Pilot ini juga diduga masih aktif sebagai tentara Amerika Serikat berpangkat Letnan Kolonel. 

Dia mengaku, sebelum terbang, dirinya sempat menayakan ke perusahaannya terkait perizinan untuk melintasi wilayah Indonesia.

TARAKAN - Langit Tarakan Kalimantan Utara diwarnai ketegangan, sekitar pukul 14.30 Wita, Senin (9/11) kemarin. Sebuah pesawat asing melintas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News