Ternyata, Ujian Kompetensi Guru Mudah...

Ternyata, Ujian Kompetensi Guru Mudah...
Ilustrasu Guru Upacara / Dok Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA- ‎Para peserta uji kompetensi guru (UKG) mengaku tidak ada kendala dalam mengerjakan soal-soalnya. Penggunaan komputer dalam tes UKG juga dirasakan biasa saja, karena sudah diajari sebelum ujian dimulai.

"Alhamdulillah bisa mengerjakan tesnya dengan baik.‎ Komputernya juga bisa karena tadi sempat diajari setengah jam sebelumnya, diajari apa yang harus diklik, apa yang harus dilakukan kalau ada yang mau diperbaiki," ujar Erry Happy Prihatiningsih, peserta UKG sekaligus guru dari SMP PSKD IV Bulungan, Jakarta, Selasa (10/11).

Terkait persiapan ujian, Erry, peserta UKG dari mata pelajaran 097 Ilmu Pengetahuan Alam, mengungkapkan cenderung proaktif untuk mempersiapkan diri. "Saya kemarin dua minggu sebelum ujian, buka-buka situs dari Dikbud kan ada kisi-kisi soal. tapi, kalau kisi-kisi kan hanya tema-tema materi saja jadi saya bula-buka lagi buku, kumpulkan yang sesuai dengan materi kisi-kisi," jelasnya. 

Selain itu, dia pun aktif mencari contoh soal tahun lalu untuk dibahas sendiri di rumah. "Soal tahun lalu itu saya dapat contohnya tapi hanya soal pedagogik, dikombinasi dengan materi kisi-kisi. Misalnya, materi tentang suhu, cari semua yang berkaitan dengan suhu," ujarnya.
 
Sementara‎ Mendikbud melanjutkan tinjauan pada lokasi TUK kedua yaitu di Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) 70. Saat dikunjungi, para peserta UKG sedang melaksanakan ujian sesi kedua, yaitu 10.30-13.00 WIB.‎
 
Kepala sekolah SMUN 70 menjelaskan ada 1500 guru yang terdaftar mengikuti UKG di SMUN 70. "Kalau data di kami semuanya 1500 guru, mereka terbagi atas dua kelas tempat ujian, jadi masing-masing kelas 750 guru," ujarnya.
 
Kepsek Mukhlis pun menambahkan, tidak semua guru terdaftar sebagai peserta, hadir untuk mengikuti ujian. "Kalau kami kan membagi sehari itu tiga sesi, yang tiap.sesi diikuti 25 guru, tapi untuk sesi kedua ini saja ada tiga orang yang tidak hadir," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA- ‎Para peserta uji kompetensi guru (UKG) mengaku tidak ada kendala dalam mengerjakan soal-soalnya. Penggunaan komputer dalam tes UKG


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News