Mengurangi Konsumsi Gula, Bisa Meningkatkan kesehatan Anda loh

Mengurangi Konsumsi Gula, Bisa Meningkatkan kesehatan Anda loh
ILUSTRASI: FOTO: Yahoo Health

jpnn.com - Gula mungkin merupakan musuh nomor 1 selama bertahun-tahun. Tapi penelitian baru telah menemukan dampak kesehatan negatif dari banyak gula mungkin bisa dibalikkan hanya dalam beberapa hari.

Studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas mengikuti 43 anak-anak obesitas dan menemukan bahwa menghapus tambahan gula dari diet mereka secara dramatis menjaga tekanan darah, kolesterol dan indikator metabolisme kesehatan lainnya hanya dalam 10 hari.

Untuk studi ini, peneliti mengganti makanan dari diet peserta untuk makanan bertepung dengan jumlah kalori yang sama. Yogurt diganti dengan bagel dan dan kue-kue diganti dengan keripik kentang panggang.

Sementara berat badan anak-anak tetap sama setelah 10 hari, mereka menunjukkan peningkatan besar dalam penanda metabolisme kesehatan.

“Saya terkejut melihat kesehatan anak-anak menjadi lebih baik hanya dalam periode waktu yang singkat,” kata pemimpin penulis studi Robert Lustig, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (9/11).

Penelitian ini menunjukkan bahwa efek berbahaya dari gula bisa dibalik.

“Jika Anda memiliki lemak hati maka Anda bisa membalikkannya dengan mengurangi konsumsi gula Anda, makan dengan benar dan berolahraga,” jelas Lustig.

Lustig setuju bahwa menghapus tambahan gula bukanlah jawaban tunggal untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi ia mengatakan penelitiannya menunjukkan bahwa gula adalah masalah besar dalam pengembangan sindrom metabolik (kondisi kesehatan yang terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.(fny/jpnn)


Gula mungkin merupakan musuh nomor 1 selama bertahun-tahun. Tapi penelitian baru telah menemukan dampak kesehatan negatif dari banyak gula mungkin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News