Menteri Tjahjo Kumpulkan Ribuan Pimpinan Daerah, Ada Apa?

Menteri Tjahjo Kumpulkan Ribuan Pimpinan Daerah, Ada Apa?
Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan,  pemerintah daerah harus membantu dan memfasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) demi mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Karena hal tersebut merupakan bentuk implementasi desentralisasi politik.

“Arahan Presiden, pilkada serentak ini harus berjalan sukses, demokratis, memilih pemimpin yang amanah, bersih, untuk memercepat pembangunan, demi membangun tata kelola efektif efisien, taat hukum,mempercepat reformasi birokrasi,” ujar Tjahjo para Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015, Kamis (12/11).

Menurut Tjahjo, pelaksanaan pilkada serentak merupakan suatu sistem yang diangap paling demokratis. Karena rakyat secara langsung memilih kepala daerahnya. Sehingga rakyat juga dapat secara langsung mengawasi pola kepemimpinan kepala daerah, dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pemerintah melalui kabinet kerja menegaskan, pembangunan infrastruktur pusat dan daerah harus bersinergi jangka panjang, membangun parpol yang solid melalui pilkada,” ujarnya.

Agar tujuan-tujuan tersebut dapat terlaksana, Mendagri berharap rakornas yang dihadiri sekitar tiga ribu peserta yang terdiri dari para pimpinan daerah kali ini, dapat memerkuat sinergi antara aparatur pusat dan daerah. Terutama dalam mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak.

“Saya berharap rakornas juga dapat meningkatkan kesiapan lembaga/instansi terkait sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” ujar mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini.(gir/jpnn)


JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan,  pemerintah daerah harus membantu dan memfasilitasi Komisi Pemilihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News