Cara Mudah Membantu Penderita Serangan Jantung, Stroke atau Kejang

Cara Mudah Membantu Penderita Serangan Jantung, Stroke atau Kejang
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Anda mungkin pernah menyaksikan keadaan darurat medis setidaknya sekali dalam hidup Anda. Salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah melihat seseorang melalui hal itu dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan atau bagaimana untuk membantu mereka. Ini menakutkan, karena Anda biasanya bertindak pada insting, tetapi Anda tidak yakin apakah tindakan Anda membantu mereka atau membuat mereka lebih buruk.

Jadi, untuk membantu Anda menjadi lebih siap, berikut ini beberapa panduan apa yang harus Anda lakukan ketika Anda menemukan seseorang menderita stroke, serangan jantung atau kejang, seperti dilansir laman India Times, Selasa (10/11).

1. Serangan jantung

Serangan jantung biasanya ditandai dengan nyeri dada. Namun dalam beberapa kasus, terutama pada orang dengan diabetes, mereka tidak memiliki gejala sama sekali. Terlepas dari nyeri dada, sesak napas, berkeringat, mual, muntah, pusing, gelisah dan kelelahan adalah beberapa gejala lain dari serangan jantung. Seringkali, rasa sakit bahkan menyebar ke bagian lain dari tubuh bagian atas seperti lengan, punggung, leher, perut, gigi dan rahang.

Ini yang harus dilakukan dalam kasus serangan jantung.

• Jangan biarkan dia bergerak.

• Jika memungkinkan, ambil tablet aspirin larut, masukkan- ke dalam air dan buat orang yang menderita serangan jantung meminumnya.

• Panggil ambulans dan beritahu mereka apa yang terjadi dan sebutkan gejala pasien.

Anda mungkin pernah menyaksikan keadaan darurat medis setidaknya sekali dalam hidup Anda. Salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News