Michelin Lebih Pas Dengan Motor Honda, Yamaha Harus Kerja Keras

Michelin Lebih Pas Dengan Motor Honda, Yamaha Harus Kerja Keras
Valentino Rossi (kiri) dan Marc Marquez. Foto: AFP

jpnn.com - VALENCIA - Peta kekuatan tim-tim utama MotoGP biasanya sudah bisa dilihat sejak uji coba akhir musim atau pra musim jelang kalender balap dimulai. Musim 2015 Honda mengawali pra musim dengan motor yang kelebihan tenaga dan semakin susah dikendalikan. Saat ini Yamaha dipusingkan dengan performa ban Michelin lantaran tak cocok dengan karakter motor.

Sesi uji coba tutup musim di Valencia berakhir Rabu malam (11/11). Dua hari beruntun bintang Repsol Honda Marc Marquez menapaki papan teratas daftar rider tercepat.

Catatan waktu tercepatnya masih di bawah torehan terbaik saat balapan seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo (8/11). Artinya performa Michelin memang tak sebaik Bridgestone tapi lebih cocok dengan Honda jika dibandingkan dengan Yamaha.

Marquez membukukan waktu terbaik 1 menit 31,060 detik. Waktunya itu lebih baik dari catatan terbaiknya di uji hari pertama 1 menit 31,551 detik. Mengepras waktu sampai setengah detik menunjukkan bahwa Marquez semakin nyaman dengan ban baru.

Meski belum memecahkan rekor lap tercepat yang ditorehkan juara dunia 2015 Jorge Lorenzo 1 menit 30,011 performanya jauh lebih baik dibandingkan Yamaha.

Bandingkan dengan pembalap Yamaha tercepat pada uji coba hari terakhir kemarin. Dialah Lorenzo yang hanya menghuni tempat kelima daftar rider tercepat dengan waktu 1 menit 31,282 detik berselisih 0,222 detik di belakang Marquez.

Bahkan catatan waktunya kalah dengan dua rider Suzuki Maverick Vinales (finis kedua) dengan waktu 1 menit 31,163 detik. Atau Aleix Espargaro di urutan keempat 1 menit 31,212 detik.

Namun diketahui bahwa rider Suzuki belum menggunakan ECU (Electronic Control Unit) baru versi 2016. Peranti lunak yang dipakai untuk musim depan hanya digunakan dua pembalap ujinya Takuya Tsuda dan Nobuatsu Aoki.

VALENCIA - Peta kekuatan tim-tim utama MotoGP biasanya sudah bisa dilihat sejak uji coba akhir musim atau pra musim jelang kalender balap dimulai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News