Pemimpin Demokrasi Myanmar Itu Akhirnya Mencatat Sejarah

Pemimpin Demokrasi Myanmar Itu Akhirnya Mencatat Sejarah
Aung San Suu Kyi. Foto. Int

jpnn.com - YANGON - Pemimpin demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi  mencatat sejarah pada Jumat (13/11). Pasalnya, partainya, Liga Nasional Demokrasi (NLD) memperoleh suara mayoritas di parlemen dalam pemilihan umum, Minggu lalu.

Dengan kemenangan ini memungkinkan Suu Kyi memilih presiden dan membentuk pemerintah baru Myanmar setelah memperoleh mandat dalam transisi kekuasaan dari pemerintahan militer.

Konfirmasi kemenangan besar itu diumumkan setelah lima tahun sejak Suu Kyi, dibebaskan dari tahanan rumah oleh militer.

Pemilu itu adalah partisipasi pertama partai pimpinan Suu Kyi sejak 1990, menyaksikan kemenangan yang besar dengan 80 persen kursi yang diperebutkan dimenangi NLD.

Melalui pengumuman Komisi Pemilu Myanmar pada Jumat, NLD memperoleh mayoritas dua pertiga yang diperlukan untuk membentuk pemerintah, dengan memenangkan 384 kursi parlemen.

Namun ada beberapa keputusan masih belum diumumkan.

Pemerintah kini menanti kepemimpinan partai NLD untuk mengubah lanskap politik di negara yang dikontrol oleh militer selama lebih lima dekade itu.

Kemenangan mayoritas itu memungkinkan Suu Kyi memilih presiden dan membentuk pemerintah baru.(ray/jpnn)


YANGON - Pemimpin demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi  mencatat sejarah pada Jumat (13/11). Pasalnya, partainya, Liga Nasional Demokrasi (NLD)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News