Awas! Kebiasaan Ini Bisa dengan Cepat Merusak Tulang Anda

Awas! Kebiasaan Ini Bisa dengan Cepat Merusak Tulang Anda
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - TANPA sadar kita mungkin sering kali melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh. Apabila hal itu dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa berakibat fatal, terlebih bila berkaitan dengan tulang.

Anda telah meminum susu, mengonsumsi berbagai makan sumber kalsium dan melakukan olahraga, tapi mengapa masih mendapati masalah pada tulang. 

"Sementara tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi, ada pilihan gaya hidup tertentu yang bisa mempercepat kehilangan tulang dan otot kerusakan," kata peneliti Dr. Anil Arora, seperti dilansir laman India Times, Kamis (12/11).

Berikut ini kebiasaan umum yang merusak kesehatan tulang Anda:

1. Penyalahgunaan alkohol

Minuman alkohol sesekali tidak apa-apa, tapi secara konsisten minum lebih dari satu botol alkohol per minggu bisa menyebabkan hilangnya 2 persen dari massa tulang Anda dari waktu ke waktu satu dalam setahun. Alkohol mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D, yang keduanya diperlukan untuk pembentukan tulang. 

2. Rokok

Bahan dalam asap rokok mengganggu siklus alami dari kesehatan tulang. Merokok menghalangi pembentukan tulang baru yang sehat dan juga menyebabkan jaringan tulang yang ada untuk memecah lebih cepat. Akibatnya, tulang menjadi lemah dan rapuh.

TANPA sadar kita mungkin sering kali melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh. Apabila hal itu dilakukan dalam jangka waktu yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News